Cara Mengelola Gaji Dengan Bijak

Seberapa baik anda dalam mengelola gaji? Anda bertanya pada diri sendiri ketika menyadari itu lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan sehari-hari, bukan? Mengelola gaji dengan baik bukan berarti harus ahli dalam matematika atau membutuhkan keterampilan matematika. Ini hanya membutuhkan penjumlahan dan pengurangan dasar. 

Dengan belajar keuangan akan membuat seseorang lebih mudah mengelola gajinya. Selain itu, cara anda dalam membelanjakan uang juga berpengaruh. Jadi, jika saat ini anda memiliki masalah dalam keuangan khususnya mengelola gaji ini saatnya belajar memperbaikinya.

Seringkali kita dihadapkan pada pilihan, barang apa yang akan kita beli, atau pengeluaran lain seperti hiburan dan nongkrong di akhir pekan. Kadang mengelola gaji akan mustahil dilakukan tanpa perencanaan yang tepat. Hari ini, semua orang ingin menjaga keuangan mereka agar mudah. Dengan perencanaan yang matang, penganggaran, tabungan cerdas, dan perhatian dasar lainnya terhadap penghasilan Anda, kini Anda dapat belajar mengelola uang dengan bijak.

Memiliki gaji bulanan yang banyak sering membuat kita lupa diri. Terkadang mungkin kita mengeluarkan uang terlalu banyak bahkan untuk barang atau sesuatu hal yang tidak penting. Untuk menghindari situasi seperti itu, disarankan untuk mengelola uang/gaji dengan membuat rencana bulanan. Perhatikan berapa uang yang masuk dan keluar kemudian buatlah catatannya.

Cara Mengelola Gaji Dengan Bijak
Cara Mengelola Gaji Dengan Bijak

Cara Mengelola Gaji Dengan Bijak Agar Bisa Menabung

Sebelum anda mengelola gaji dan menghemat uang, ada beberapa hal yang perlu dipahami. Apa kebutuhan dasar anda, mencakup biaya makan bulanan, biaya sewa, biaya listrik, biaya keperluan bersih-bersih dan sebagainya. Catat semua itu dan masukkan dalam perencanaan penggunaan uang dari gaji.

Mari kita bahas lebih detail lagi 5 cara mengelola gaji dengan bijak.

Buat Rencana dan Anggaran Belanja

Kita mungkin tidak pernah membuat anggaran belanja bulanan dari gaji yang kita terima. Hal tersebut mungkin memang dirasa merepotkan, karena harus membuat daftar kebutuhan selama satu bulan kemudian menuliskan kisaran nominalnya.

Tapi jika kita merasa uang gaji kita tiap bulan habis tanpa sisa. Seharusnya kita bisa menyisihkan untuk menabung demi keperluan masa depan. Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk membuat daftar belanja bulanan dan anggarannya (nominal uang). Hal tersebut akan membantu kita agar disiplin dalam mengeluarkan uang karena harus sesuai dengan daftar.

Konsisten dengan Anggaran Belanja

Setelah memiliki anggaran belanja hal penting yang harus dilakukan adalah konsisten mematuhinya. Lakukan review, apa pengeluaran uang sudah sesuai dengan anggaran belanja? pastikan bahwa pengeluaran uang anda tidak melebihi anggaran belanja yang sudah dibuat. Kalau terdapat sisa masukkanlah ke dalam tabungan anda.

Daftar Belanja sebagai implementasi anggaran belanja
Daftar Belanja sebagai implementasi anggaran belanja

Wajar apabila membeli produk atau jasa di luar anggaran belanja. Tapi pastikan bahwa anda benar-benar membutuhkannya. Jangan lupa untuk mencatatnya ke dalam catatan pengeluaran ekstra. Dengan begitu catatan pengeluaran anda akan tetap sinkron dengan anggaran belanja.

Menabung Secara Teratur

Sangat bagus apabila sudah ada jatah menabung yang dianggarkan sejak awal dari gaji. Hal itu akan menjadi lebih baik ketika setiap kali anda memiliki sisa pengeluaran, jangan alihkan untuk konsumsi lainnya tapi tabunglah. Anda bisa menabung untuk kepentingan darurat atau hal lainnya dimasa depan.

Pilih Produk dan Jasa dengan Harga Terbaik

Setelah memiliki anggaran belanja dari gaji hal selanjutnya yang dilakukan pasti membelanjakannya. Pastikan anda membelanjakan untuk produk dan jasa dengan harga terbaik. Pilihlah yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Jangan mengedepankan ketenaran brand, fokuslah pada fungsinya. Apabila dihadapkan dengan fungsi dan kualitas yang sama pilihlah yang memiliki harga lebih murah. Jangan takut repot untuk mencari atau bertanya tentang diskon ketika belanja di tempat perbelanjaan. Pemilihan produk ini besar sekali efeknya terhadap pengeluaran. Apabila bisa memaksimalkannya bisa menambah jatah uang tabungan.

Membayar Hutang

Memiliki hutang memanglah hal yang wajar, kadang kita mendapatkannya saat ada di posisi terpojok. Melunasinya adalah suatu kewajiban. Jadikanlah membayar hutang sebagai prioritas anda. Jangan menunda membayar hutang, karena semakin menunda kita bisa melupakannya.

Selagi masih memiliki uang cobalah membayar hutang. Kita tentu tidak ingin ditagih ketika sedang tidak memiliki uang bukan? Kalau kita tidak memiliki hutang otomatis sisa uang belanja bisa digunakan untuk menabung.

Kesimpulan Cara Mengelola Gaji

Pada awalnya membuat anggaran pasti membosankan. Apalagi jika kita harus mematuhinya dan melakukan review setiap kali selesai mengeluarkan uang. Tetapi semua itu akan membuat kita tersenyum setelah membuat tabungan kita makin banyak. Karena dengan membuat anggaran belanja kita bisa mengelola gaji dengan bijak.

Alfian
Alfian Seorang pengajar disalah satu perguruan tinggi. Memiliki pengalaman didunia blogger sudah cukup lama tapi tetap saja masih jadi seorang newbie. Hadir untuk berbagi pengalaman, ilmu dan pengetahuan yang sudah didapatkan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengelola Gaji Dengan Bijak"