6 Cara Menyusun Strategi Bisnis Yang Efektif

Setiap kali kita berangkat menuju wilayah baru, diperjalanan pasti ingin melihat peta jika tidak, kita bisa tersesat. Sama halnya dengan, melangkah maju ke hal yang belum diketahui (masa depan) adalah apa yang dilakukan perusahaan setiap hari. Dan apa yang mereka butuhkan untuk memastikan mereka tidak tersesat? Sebuah strategi.

Baik Anda ingin menetapkan prioritas bisnis baru, menguraikan rencana pertumbuhan, menentukan roadmap produk, atau merencanakan keputusan investasi, anda memerlukan strategi. Setiap bisnis/perusahaan pasti membutuhkan strategi, yang cukup sulit adalah membuatnya. Mafsyah akan membagikan 6 cara menyusun strategi bisnis yang efektif.

6 Cara menyusun strategi bisnis yang efektif:

1. Kumpulkan fakta

Untuk mengetahui kemana tujuan selanjutnya, anda harus tahu di mana posisi saat ini. Jadi sebelum memulai melihat ke depan, anda harus meninjau kinerja dimasa lalu dan saat ini. Lihatlah setiap area bisnis dan tentukan apa yang berhasil dengan baik, apa yang bisa lebih baik dan peluang apa yang bisa ditingkatkan.

Ada banyak alat dan teknik yang tersedia untuk membantu proses ini, seperti analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities and Threats).

Anda harus melihat secara internal Strength (kekuatan) dan Weakness (kelemahan) anda. Dan untuk Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman), anda harus melihat faktor eksternal. Kerangka kerja yang bagus untuk melihat faktor eksternal adalah PESTLE (Political, Economic, Social, Technological, Legal and Environmental). Jadi, untuk mencari ide atau rencana, lihatlah apa yang bisa menjadi ancaman dan apa peluang yang ada disana?

Bagian terpenting dari proses ini adalah melibatkan orang yang tepat untuk memastikan mengumpulkan informasi yang paling relevan.

2. Kembangkan Visi

Visi harus menjelaskan arah bisnis di masa depan dan tujuannya dalam jangka menengah hingga panjang. Ini tentang mendeskripsikan tujuan dan nilai organisasi. Pakar bisnis telah lama berdebat panjang dan keras tentang apa yang didahulukan, visi atau misi. Tapi, dalam praktiknya, Anda bisa mengembangkan keduanya pada saat bersamaan.

3. Kembangkan Misi

Misi menjelaskan tujuan organisasi, tetapi juga menguraikan tujuan utamanya. Ini berfokus pada apa yang perlu dilakukan dalam jangka pendek untuk mewujudkan visi jangka panjang. Jadi, untuk pernyataan visi, anda mungkin ingin menjawab pertanyaan: “Apa pencapaian kita 5 tahun lagi?”. Untuk pernyataan misi, Anda ingin mengajukan pertanyaan:

Apa yang kita lakukan?

Bagaimana kita melakukannya?

Untuk siapa kita melakukannya?

Visi misi salah satu cara menyusun strategi bisnis yang efektif
Visi dan Misi Cara Menyusun Strategi Bisnis

4. Identifikasi tujuan strategis

Pada tahap ini, tujuannya adalah untuk mengembangkan serangkaian tujuan tingkat lanjut untuk semua area bisnis. Mereka perlu menyoroti prioritas dan menginformasikan rencana yang akan memastikan pencapaian visi dan misi perusahaan.

Dengan melihat kembali ulasan Anda pada langkah pertama, khususnya analisis SWOT dan PESTLE, Anda dapat memasukkan kekuatan dan kelemahan yang teridentifikasi ke dalam tujuan Anda.

Yang terpenting, tujuan Anda harus SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Time-related). Tujuan Anda juga harus mencakup faktor-faktor seperti KPI, alokasi sumber daya, dan persyaratan anggaran.

5. Rencana Taktis

Sekarang saatnya membuat tujuan strategis ke dalam rencana jangka pendek yang lebih rinci. Rencana ini akan berisi tindakan untuk departemen dan fungsi di organisasi. Anda bahkan mungkin ingin memasukkan pemasok.

Sekarang fokuslah pada hasil yang dapat diukur dan komunikasikan kepada pemangku kepentingan apa yang perlu mereka lakukan dan kapan. Anda bahkan dapat menganggap rencana taktis ini sebagai sprint singkat untuk menjalankan strategi dalam praktik.

6. Manajemen Kinerja

Semua perencanaan dan kerja keras mungkin telah dilakukan, tetapi penting untuk terus meninjau semua tujuan dan rencana tindakan untuk memastikan masih berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan keseluruhan tersebut. Mengelola dan memantau seluruh strategi adalah tugas yang kompleks, itulah sebabnya banyak direktur, manajer, dan pemimpin bisnis mencari metode alternatif untuk menangani strategi. Membuat, mengelola, dan meninjau strategi mengharuskan anda untuk menangkap informasi yang relevan, memecah potongan besar informasi, merencanakan, memprioritaskan, menangkap informasi yang relevan, dan memiliki visi strategis yang jelas.

Alfian
Alfian Seorang pengajar disalah satu perguruan tinggi. Memiliki pengalaman didunia blogger sudah cukup lama tapi tetap saja masih jadi seorang newbie. Hadir untuk berbagi pengalaman, ilmu dan pengetahuan yang sudah didapatkan.

Posting Komentar untuk "6 Cara Menyusun Strategi Bisnis Yang Efektif"