Cara Mudah Membuat Blog di Blogspot

Cara mudah membuat blog di blogspot - Blog merupakan singkatan dari web log, yang berarti sebuah aplikasi berbasis website yang berisikan artikel-artikel dan ditampilkan dalam bentuk posting. Apabila ditinjau dari sisi server (tempat meletakkan file blog) dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu self hosted blog dan hosted blog. Blogspot termasuk ke dalam kategori hosted blog. Mafsyah akan membagikan cara mudah membuat blog di blogspot agar anda yang baru memulai sebuah blog dapat terbantu.

Baca juga: Perbedaan self hosted blog dengan hosted blog 

Kenapa harus membuat blog?

Saat ini pengguna internet khususnya di Indonesia sangat banyak. Layanan yang paling sering dikunjungi oleh orang adalah mesin pencari seperti Google atau Bing. Kenapa mesin pencari sering dikunjungi? silahkan simak ilustrasi berikut: Saya ingin memasak ayam bumbu padang, tetapi tidak tahu resepnya. Yang saya lakukan adalah mengakses salah satu mesin pencari kemudian mengetik kata kunci pencarian yang saya butuhkan tadi (resep ayam bumbu padang). Setelah itu mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian berupa daftar web/blog yang menyediakan artikel berupa resep ayam bumbu padang. Dari ilustrasi tadi dapat dipahami bukan kenapa mesin pencari dan blog sangat penting? Dengan memiliki sebuah blog kita dapat berbagi ilmu dan pengalaman yang sudah kita miliki. Manfaat bagi kita, ilmu dan pengetahuan kita dapat bermanfaat bagi orang lain dan apabila sudah memenuhi syarat kita dapat memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang kita miliki.

Kenapa memilih blogspot?

Seperti yang sudah mafsyah jelaskan di awal bahwa blogspot masuk kategori hosted blog. Keunggulan dari blogspot yang paling menarik adalah:
  1. Memiliki banyak pilihan tema
  2. Gratis
  3. Keamanan server terjamin karena di hosted oleh Google
  4. Domain dapat diganti menjadi Top Level Domain (TLD)
  5. HTTPS (sambungan aman)
  6. Dapat mengajukan permohonan publisher Google Adsense
Enam poin alasan diatas adalah keunggulan utama yang menurut mafsyah dapat meyakinkan anda untuk memilih blogspot sebagai sarana membuat blog.

Cara mudah membuat blog di blogspot

Untuk membuat blog di blogspot agar lebih mudah gunakan akun google yang sudah anda miliki. Kunjungi halaman utama blogspot yaitu di blogger.com Blogger ini bisa jadi sebuah sebutan sebagai orang yang membuat atau memiliki blog. Tapi untuk blogspot (layanan blog oleh google) alamat url nya adalah blogger.com jadi nanti jangan sampai bingung di kemudian hari apabila mendengar istilah blogger. Baik mari kita mulai langkah-langkah cara mudah membuat blog di blogspot:
  1. Mendaftar ke Blogger.com
  2. Memilih Judul, Alamat URL dan Tema Blog
  3. Masuk ke Menu Postingan
  4. Membuat Artikel dan Publish
Untuk rincian dari cara mudah membuat blog di blogspot dapat anda lihat dibawah ini:

1. Mendaftar ke Blogger.com

Pertama silahkan kunjungi blogger.com kemudian lakukan pendaftaran yang dapat anda lakukan dengan cara login menggunakan akun google.
Cara Mudah Membuat Blog di Blogspot
Halaman awal blogger
Setelah masuk ke halaman blogger klik buat blog atau masuk, anda akan diarahkan menuju halaman login menggunakan akun google. Pada tahap ini silahkan masukkan akun google (email) dan password yang anda miliki. Setelah berhasil login selanjutnya yang muncul adalah halaman untuk membuat profil blog. Profil blog yang diminta oleh google hanya memasukkan nama yang akan ditampilkan di halaman profil blog. Setelah mengisi nama profil anda silahkan tekan tombol lanjutkan ke blogger yang dapat dilihat pada gambar berikut.
Cara Mudah Membuat Blog di Blogspot
Membuat nama profil blogger

2. Memilih Judul Blog dan Alamat URL Blog

Halaman selanjutnya dashboard blogger tapi masih kosong, silahkan klik buat blog baru kemudian akan muncul isian yang harus diisi.
Cara Mudah Membuat Blog di Blogspot
Membuat blog baru

Cara Mudah Membuat Blog di Blogspot
Judul, URL dan Template blog
Anda harus memilih judul blog yang diinginkan. Sesuaikan judul blog dengan Niche atau kategori blog yang akan anda kembangkan. Tips dari mafsyah dalam membuat judul blog pertama samakan judul blog dengan nama domain. Alasannya agar pembaca nanti mudah mengingat blog anda, jadi suatu saat ketika ingin mengunjungi lebih mudah. Contoh nama domain (alamat URL) yang diinginkan adalah belajarbiologi.blogspot.com lalu buatlah judul blog anda Belajar Biologi. Pilihan kedua adalah nama domain bebas pilih apa saja yang tersedia karena dalam memilih nama domain ini tidak bisa memilih nama yang sebelumnya sudah dipakai orang lain. Contoh nama domain namasaya.blogspot.com judul blognya Belajar Biologi Bersama Nama Saya. Kemudian silahkan pilih template atau tema untuk blog anda. Blogger menyediakan beberapa tema bawaan, silahkan pilih sesuai dengan selera atau karakter kategori blog anda. Apabila sudah selesai silahkan klik Buat blog.

3. Masuk ke Menu Postingan

Setelah berhasil membuat blog anda akan diarahkan menuju halaman dashboard blogger. Untuk membuat postingan silahkan pastikan anda sudah berada di halaman postingan. Caranya lihat menu dashboard yang ada disebelah kiri apakah tulisan postingan sudah aktif (berwarna orange) kalau belum silahkan klik tulisan tersebut. Apabila sudah aktif pasti ada tanda + di pojok kanan bawah, silahkan klik tanda + tersebut untuk membuat artikel/postingan.
Cara Mudah Membuat Blog di Blogspot
Dashboard posting

4. Membuat Artikel dan Publish

 Setelah menekan tombol + anda akan diarahkan menuju halaman yang berisi teks editor. Silahkan masukkan judul postingan/artikel dan isi artikel yang anda kehendaki. Anda dapat menekan lambang mata untuk melihat preview tulisan anda. Lalu apabila sudah yakin dengan isi artikel anda silahkan klik panah untuk mempublish artikel anda.

Cara Mudah Membuat Blog di Blogspot
Membuat postingan dan publish

Bagaimana, apakah anda dapat memahami cara mudah membuat blog di blogspot?

Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. Mafsyah minta maaf apabila ada salah kata dalam penyampaian di artikel ini. Semoga ilmu yang kita miliki dapat bermanfaat dan kita sukses selalu, sampai jumpa di artikel berikutnya.
Alfian
Alfian Seorang pengajar disalah satu perguruan tinggi. Memiliki pengalaman didunia blogger sudah cukup lama tapi tetap saja masih jadi seorang newbie. Hadir untuk berbagi pengalaman, ilmu dan pengetahuan yang sudah didapatkan.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Blog di Blogspot"