48 Cara Hidup Hemat Untuk Masa Depan Lebih Baik

Banyak orang yang mengeluh tentang pendapatan yang mereka dapat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, seperti memiliki masalah tentang pengelolaan uang atau masalah gaya hidup boros. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjadi pribadi yang lebih hemat. Mafsyah akan membagikan 48 cara hidup hemat untuk masa depan lebih baik.

1. Membuat Anggaran

Hal pertama yang harus dilakukan agar kita dapat memulai hidup hemat adalah dengan membuat anggaran belanja. Untuk memulai membuat anggaran, bisa kamu tentukan dulu jangka waktunya. Kemudian jenis barangnya, dikategorikan agar lebih mudah menentukan uang yang harus dikeluarkan. Yang tak kalah penting adalah penyesuaian dengan penghasilan kamu.

2. Membeli Barang Yang Digunakan

Kenali barang apa saja yang kamu gunakan. Hindari barang yang jarang terpakai atau yang kurang bermanfaat. Setelah kamu mengenal dan menghindari membeli barang-barang itu kamu akan menyadari betapa borosnya kita jika membeli barang tersebut.

3. Membayar Hutang

Semakin cepat membayar hutang, semakin sedikit bunga yang kamu bayar. Jika kamu mengambil utang yang berjangka waktu dan memiliki bunga tertentu artinya kamu telah siap dengan segala resiko. Oleh karena itu, berpikir jangka panjang harus kamu lakukan sebelum mengambil keputusan ini. Utang terkadang membuat kita kurang menikmati uang kita, sehingga kita merasa terbebani. Oleh karena itu, membayar utang semakin cepat akan membuat kita merasa tenang.

Gambar Uang Kertas dan Koin
Gambar 1. Uang Kertas dan Koin
4. Menjual Barang yang Tidak Digunakan

Kita dapat menjual barang yang tidak digunakan lagi dan kondisi masih bagus. Barang itu dapat kita promosikan di sosial media. Hal ini dapat kita lakukan dengan mudah karena akses internet yang mudah juga.

Mungkin kamu akan berpikir barang tersebut tidak dapat berguna lagi, tetapi siapa tahu di belahan bumi lain ada orang yang sedang membutuhkan. Namun, kamu tetap harus bersabar dan waspada saat menjual barangmu. Pastikan untuk tidak tertipu.

5. Membeli Barang yang Mampu

Banyak sekali orang yang mencoba hidup seperti orang lain. Mereka rela membeli barang yang harganya tidak sebanding dengan penghasilan. Alhasil mereka akan kewalahan sendiri.

Untuk membeli sebuah barang pastikan kamu memiliki uang yang cukup. Pikirkan lagi bagaimana kedepannya jika barang tersebut menjadi milikmu. Misal kamu membeli sebuah mobil, belilah yang sesuai kebutuhan dan kemampuan karena mobil membutuhkan perawatan dan pajak yang tidak sedikit sesuai jenisnya.

6. Mencari Tambahan Pendapatan

Mencari pekerjaan sampingan dapat kamu lakukan untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Contoh pekerjaan yang dapat menjadi pekerjaan sampingan adalah berjualan online, menjual kuota atau pulsa, membuat blog, bisnis jual beli motor bekas, jasa penerjemah, agen asuransi, jasa desain grafis, fotografer dll.

Tips memilih pekerjaan sampingan, pertama kenali keahlianmu. Gunakan passion yang kamu miliki karena pekerjaan sampingan dapat berawal dari hobi. Kedua, sesuaikan waktu dengan pekerjaan pokokmu. Jangan sampai pekerjaan sampinganmu mengganggu pekerjaan pokokmu. Terakhir, pastikan kamu enjoy dengan pekerjaan yang kamu lakukan.

7. Mencari Asuransi Terbaik

Asuransi merupakan salah satu investasi tentang apa yang kita miliki. Ada banyak jenis asuransi yang dapat ditemui di Indonesia. Contohnya asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi dana pensiun dll.

Ada beberapa hal penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih asuransi. Pertama adalah jenis. Pilihlah jenis asuransi sesuai dengan kebutuhanmu. Kedua adalah perusahaan yang akan kamu pilih. Pastikan dahulu apakah perusahaan itu dapat dipercaya atau tidak. Mintalah ulasan dari orang yang kamu percaya.

8. Mencari Diskon

Mungkin akan sedikit lelah jika kita harus berkeliling swalayan agar mendapat harga yang pas, terutama yang ada diskonnya. Namun, ketika sampai rumah kamu akan merasa senang karena dapat membeli barang tersebut dengan harga yang tidak biasa.

mengenali swalayan di dekat tempat tinggalmu, seperti kapan mereka mengadakan diskon? Berapa biasanya mereka mendiskon barangnya? sangat perlu. Dengan begitu kamu dapat datang pada waktu yang tepat.

9. Mencari Cashback

Cashback sedikit berbeda dengan diskon. Namun, cashback juga salah satu hal yang dapat kita pertimbangkan dalam membeli barang. Cashback umumnya ditemui ketika kita akan membeli di e-commerce. Selain itu, kita juga dapat menemuinya di swalayan jika kita menggunakan kartu kredit atau kartu debit.

10. Jangan Impulsif Saat Berbelanja

Jangan belanja impulsif atau berlebihan
Gambar 2. Jangan Belanja Berlebihan
Sifat impulsif dapat timbul dalam diri kita. Ketika kita berniat membeli beberapa barang dan pulang dengan beberapa barang tambahan, bisa jadi kita telah bersifat impulsif.

Dampak dari berbelanja secara impulsif adalah menyesal. Oleh karena itu, fokus pada tujuanmu berbelanja. Jangan sampai mampir ke rak yang bukan tujuanmu atau kamu akan menyesal.

11. Merencanakan Kebutuhan Makan

Kita adalah apa yang kita makan. Oleh karena itu, memilih apa yang akan kita makan sangat penting. Merencanakan kebutuhan makan bertujuan agar kita tidak kekurangan gizi meskipun kita berhemat. Selain itu, kita tidak akan merasa bosan dalam mengonsumsi makanan kita karena sudah direncanakan.

12. Memasak dalam Jumlah Besar

Memasak dalam jumlah besar artinya memasak secara sekaligus. Masaklah makanan yang dapat awet beberapa hari. Kamu bisa memasak di akhir pekan dan memanaskannya di hari kerja. Dengan begitu gizimu akan tercukupi dibanding membeli makanan cepat saji. Lagi pula kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk memanaskannya.

13. Memasak Dengan Bahan yang Ada

Terkadang meskipun kita telah merencanakan membeli bahan makanan sesuai kebutuhan, ada saja bahan yang sisa. Berkreasilah dengan bahan makan itu. Manfaatkanlah semua bahan sisa itu. Masaklah bahan sisa yang tidak tahan lama terlebih dahulu. Jika kamu bingung akan memasak apa, kamu dapat membuka internet dan mengikuti resep yang ada.

Memasak dengan bahan yang ada salah satu cara hidup hemat
Gambar 3. Memasak dengan Bahan yang ada

14. Membeli Buah yang Tahan Lama

Buah menjadi salah satu bahan makanan yang wajib kamu miliki. Buah dapat menjaga kesehatan pencernaanmu. Buah juga dapat menjadi pilihan cemilan sehat di rumahmu. Oleh karena itu, sediakan buah yang kamu sukai dan dapat bertahan lama di kulkas, seperti apel, pir, jeruk, mangga dll.

15. Menyimpan Beberapa Makanan Instan atau Frozen Food

Kita tidak selalu memiliki waktu untuk menyediakan makanan kita. Namun, kita tetap harus memasak untuk berhemat. Jika kamu lelah untuk memasak atau tidak memiliki waktu, pastikan kamu menyediakan bahan makanan yang mudah diolah. Contohnya sosis, nugget, mie instant, daging kaleng dll.

16. Membawa Bekal

Ketika siang hari, sering kali kita masih berada di kantor. Namun, apabila kita makan di luar artinya kita harus mengeluarkan uang. Meskipun beberapa kantin kantor memiliki harga yang terjangkau, tetapi alangkah baiknya apabila kita membawa bekal sendiri. Membawa bekal dapat membuat kita tidak hanya menghemat uang, tetapi juga menghemat waktu. Kita tidak perlu memakan energi lebih menuju kantin dan tidak perlu mengantri.

Membawa bekal sendiri agar hidup hemat
Gambar 4. Membawa Bekal Sendiri Agar Hemat

17. Mengurangi Makan Daging

Harga daging tidaklah murah. Oleh karena itu, baik sekali untuk kita menguranginya. Jika kamu adalah penyuka daging, kamu dapat menyiasatinya dengan perencanaan yang baik. Misalnya dengan memilih daging yang harganya terjangkau, seperti daging ayam atau daging ikan. Ingat ya makan daging memang baik, tetapi jika berlebihan akan menyebabkan masalah kesehatan.

18. Belajar Cara Memperbaiki Baju

Terkadang kita akan dihadapkan pada situasi di mana kita mendapati baju kita robek. Padahal baju itu adalah baju kesayangan kita. Disisi lain, kita tidak dapat pergi ke tukang jahit. Maka dari itu, keterampilan dasar dalam menjahit harus kita kuasai dan sediakanlah jarum dan benang di rumah. Kamu dapat menghemat waktu juga.

19. Memanfaatkan Baju Bekas

Memiliki baju bekas bukan berarti kita harus buangnya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan pada baju bekas. Misalnya menyumbangkannya, jika baju masih baik dan layak pakai. Bagaimana jika baju sudah tidak layak pakai? kita bisa gunakan untuk lap, sehingga dapat menghemat tisu. Selain itu, baju bekas juga dapat kita kreasikan menjadi beberapa barang lain, seperti tas, selimut, sprei dll.

20. Memodifikasi Beberapa Pakaian

Tren fashion berkembang dan berubah setiap tahunnya. Oleh karena itu, banyak sekali baju yang sudah tidak tren yang kita miliki. Daripada kamu membuangnya, alangkah baiknya kamu melakukan sedikit perbaikan. Siapa tahu bajumu yang akan menjadi tren di tahun selanjutnya. Selain itu, kamu dapat menjadi seorang yang kreatif dan inovatif.

21. Membeli Basic Item Untuk Pakaian Anda

Ada beberapa basic item dalam fashion, seperti kaos, kemeja, cardigan, jaket, jeans, sedangkan untuk alas kaki antara lain, sneaker, flatshoes, sandal. Beberapa item yang saya sebutkan adalah item yang wajib kamu miliki karena item itu membantu penampilanmu.

22. Membeli Baju Dengan Ukuran yang Sesuai

Sebelum membeli baju, tentukan tujuanmu. Tentukan jenis dan kisaran harganya. Selain itu, yang terpenting adalah tentukan jangka waktu baju itu akan digunakan. Sebagian dari kamu pasti merasa heran mengapa harus menentukan jangka pakai baju. Hal ini bertujuan agar kamu tidak salah dalam menentukan ukurannya. dan kualitas produk yang dipilih.

Membeli baju dengan ukuran yang sesuai
Gambar 5. Membeli Baju dengan Ukuran yang Sesuai

23. Memilih Fashion Item yang Selalu Trendi

Ada beberapa fasion item yang tidak lekang oleh waktu. Jadi, meskipun dunia fasion berkembang dengan beberapa model baru setiap waktunya, beberapa item ini tetap eksis dan tidak terlihat norak. Beberapa item itu antara lain celana kulot, celana jeans, jaket jeans, overall, T-shirt dan masih banyak lagi.

24. Menghindari Pembelian Baju Meskipun Diskon

Terkadang kita gelap mata ketika kita melihat diskon besar yang ditawarkan toko baju. Kita membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan. Alhasil kita hanya bisa menyesalinya, terutama jika barang tidak sesuai. Barang diskon besar atau cuci gudang adalah barang yang biasanya sudah lama dan tidak tren. Selain itu, besar kemungkinan memiliki fisik yang tidak baik. Oleh karena itu, berhati-hati dan telitilah ketika membeli barang diskon.

25. Pergi Dengan Sepeda

Sepeda merupakan kendaraan yang paling murah dibanding kendaraan lain. Menggunakan sepeda di berbagai negara seperti Eropa, Jepang, adalah hal yang lumrah. Jika di Indonesia umumnya masyarakat lebih menyukai menggunakan kendaraan bermotor. Namun, jika memungkinkan, tidak ada salahnya kamu tampil beda pergi ke kantor dengan sepeda. Selain sehat, bersepeda juga sangat baik untuk kantongmu.

Pergi menggunakan sepeda
Gambar 6. pergi Menggunakan Sepeda

26. Menjaga Kendaraan

Sama seperti tubuh kita, ketika kita drop kita akan memerlukan banyak biaya untuk pengobatan, begitu juga kendaraan. Seperti kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati, artinya lebih baik kita rajin menyervis kendaraan kita dibanding kita harus memperbaikinya ketika kendaraan itu rusak. Selain itu, jika kita merawatnya dengan benar kita akan merasa nyaman ketika mengendarainya.

27. Menghemat Listrik

Menghemat listrik dapat dilakukan dengan mengganti lampumu menjadi lampu LED. Meskipun harga lampu LED sedikit mahal, tetapi lampu LED merupakan lampu yang hemat energi dan awet.

Gunakan alat elektronik secara bijak. Menggunakan alat elektronik secara terus menerus tidak hanya berdampak pada penggunaan listrik, tetapi juga membuat alat tidak tahan lama. Menghemat penggunaan air juga salah satu penghematan penggunaan listrik.

28. Memiliki Kebun

Memproduksi kebutuhan makanan sendiri menjadi pilihan yang tepat untuk hidup hemat. Menanam sayur dan buah dapat dilakukan meskipun kita bekerja atau dengan kata lain, berkebun dapat menjadi hobi kita.

Jika kita tinggal di kota tentu akan kesulitan dengan tempat berkebun. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan teknologi pertanian, seperti hidroponik. Jangan khawatir tentang perawatannya. Kamu bisa memilih jenis hidroponik yang sesuai dengan situasi dan kondisimu. Banyak juga pilihan tanaman yang dapat kamu tanam.

Memiliki kebun sendiri
Gambar 7. Menanam di Kebun Milik Sendiri

29. Membuat Rumah yang Sesuai

Ketika kita sudah memiliki pekerjaan yang dapat memenuhi kebutuhan kita, hal selanjutnya yang akan kita lakukan tentulah memiliki sebuah rumah. Untuk memiliki sebuah rumah, kita dapat mencicil atau cash. Namun, jika kamu baru akan memiliki rumah alangkah baiknya apabila kamu lebih mementingkan unsur kegunaannya dan tidak perlu memiliki rumah yang besar. Ketika pendapatan dan pekerjaanmu mulai lebih baik lagi, barulah membeli rumah sebagai aset.

30. Mencuci Pakaian Manual

Memiliki mesin cuci adalah hal yang biasa. Namun, ketika kita memiliki mesin cuci bukan berarti kita bisa seenaknya menggunakan pakaian. Sering kali kita bergonta-ganti pakaian yang menyebabkan cucian kita menumpuk.

Oleh karena itu, cobalah untuk mencuci pakaianmu secara manual agar kamu tidak boros dalam menggunakan baju. Selain itu, mesin cucimu juga dapat beristirahat sementara waktu, sehingga lebih awet.

31. Evaluasi Langganan Berbayar

Langganan berbayar saat ini sudah umum dijumpai. Langganan berbayar ini dapat berupa sebuah layanan yang memiliki banyak jenis, ada yang khusus kesehatan, pendidikan, transportasi, komunikasi, hiburan dll. Oleh karena itu, mengevaluasi layanan berbayarmu adalah hal penting yang harus kamu lakukan. Eliminasi layanan yang tidak terlalu kamu butuhkan.

32. Menjadi Relawan

Bermain gawai seharian tentu bukan pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luangmu. Apalagi jika kamu bermain dengan posisi yang tidak tepat, tentu dapat mengganggu postur tubuhmu. Daripada kamu hanya duduk dan membuatmu sakit punggung, mengikuti beberapa event kegiatan sosial dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain kamu mendapat kesenangan karena membantu sesama, kamu juga dapat bertemu orang banyak dan memiliki pengalaman baru.

33. Mengunjungi Perpustakaan Terdekat atau Online

Ketika kamu merasa jenuh dengan rutinitasmu, kamu memerlukan hiburan. Hiburan tidak berarti pergi berlibur, shopping, atau makan-makan yang menghabiskan uangmu. Namun, hiburan dapat berupa hal yang lebih menyenangkan.

Membaca buku adalah pilihannya. Kamu dapat mengunjungi perpustakaan umum di dekat rumah jika kamu tidak memiliki cukup koleksi buku. Ini juga salah satu penghematan yang dapat kamu lakukan. Jika kamu malas bepergian kamu dapat membaca buku di rumah dengan smarthphone-mu. Sudah banyak perpustakaan online yang dapat kamu unduh aplikasinya.

34. Memilih Hiburan yang Terjangkau

Hiburan bukan berarti kita menghambur-hamburkan uang. Banyak cara yang dapat dipilih sebagai hiburan. Contoh hiburan yang terjangkau antara lain, berolahraga, jalan-jalan di taman kota, bersih-bersih rumah, menonton film di rumah, memasak, berkebun dll. Pastikan kamu memilih hiburan yang kamu sukai.

35. Memilih Hobi yang Hemat

Pilihlah hobi yang sesuai dengan kantong. Jika kita belum mampu memiliki hobi yang kita mau, tidak ada salahnya untuk move on. Ada beberapa rekomendasi hobi terjangkau yang dapat kamu pilih, seperti melukis, membaca, menulis, memasak, belajar bahasa, berkebun dll.

Hobi sering kali menyebabkan kita boros. Hobi merupakan kesenangan kita, sehingga terkadang kita melakukan banyak hal agar kita merasa puas dengan hobi kita. Hal itulah yang tanpa kita sadari membuat pengeluaran kita membengkak. Padahal ketika kita memiliki hobi yang tepat, kita dapat menghasilkan uang dari hobi itu.

35. Berlibur Di Waktu yang Tepat

Menjadi pekerja keras merupakan hal yang baik. Namun, kamu juga perlu refreshing agar kamu terlihat lebih bugar. Untuk menjernihkan otakmu, kamu perlu memilih waktu yang tepat. Jika tempat bekerjamu memberikan jatah cuti, ambil kesempatan itu. Berlibur ketika hari kerja dapat menghemat kantongmu. Harga yang ditawarkan tempat wisata biasanya lebih murah dibanding harga pada hari libur. Selain itu, kamu juga tidak akan terkena macet, kecuali pada jam pergi atau pulang kantor.

36. Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan adalah hal utama yang harus kamu lakukan. Kesehatan merupakan harta paling berharga yang harus terus dijaga. Kesehatan tidak hanya jasmani saja, tetapi juga kesehatan jiwa. Untuk kesehatan jasmani, kamu dapat melakukan olahraga kecil, mengonsumsi makanan bergizi, dan istirahat yang cukup. Untuk kesehatan jiwa, dapat kamu lakukan dengan menjernihkan pikiran seperti, me time, berlibur, melakukan hobi dll.

Pentingnya menjaga kesehatan karena ketika kamu sakit keras, bisa jadi kamu tidak dapat melakukan hal kecil. Kamu harus mengeluarkan uangmu untuk biaya pengobatan dan kehidupan sehari-hari. Selain itu, kariermu juga akan terganggu, sehingga berdampak juga pada pendapatanmu.

37. Mengikuti Petunjuk Perawatan Barang

Petunjuk perawatan barang adalah hal yang sering kita lupakan, bahkan kita tidak memperhatikannya sama sekali. Untuk kamu yang sering mengabaikannya, mulai sekarang pastikan kamu membaca dan mempraktikkannya. Hal ini penting karena pabrik tentu lebih mengerti dan memiliki alasan mengapa produk tersebut harus diperlakukan demikian. Ingatlah bahwa membeli artinya kamu bertanggung jawab merawatnya.

Petunjuk perawatan pakaian
Gambar 8. petunjuk Perawatan Pakaian

38. Menabung

Menabung adalah hal yang wajib kita lakukan. Banyak sekali manfaat yang didapat dari menabung. Percayalah bahwa suatu saat hidup kita akan mengalami perubahan yang tidak kita duga. Dengan menabung kita tidak akan khawatir tentang itu.

39. Menghindari utang

Utang bukanlah hal yang baik untuk kantong kita. Ketika berutang, Kita memiliki gaji sebanyak apapun akan terasa sedikit. Utang bukan solusi yang dapat menyelesaikan masalahmu.

Ketika kita terlanjur harus berutang, pastikan kamu dapat membayarnya apapun keadaanmu. karena apabila kamu tidak berpikir panjang ketika berutang, bisa jadi hidupmu akan gali lubang tutup lubang, alias berutang untuk menutupi utang.

40. Mencoba Beberapa Merek

Mencoba berbagai merek sendiri adalah hal yang dapat kamu lakukan jika kamu kurang percaya dengan ulasan orang lain. Dengan mencoba berbagai merek, kamu akan tau kelebihan dan kekurangannya, sehingga kamu dapat membandingkan produk yang sesuai untukmu. Namun, jika kamu tidak ingin ribet, kamu bisa mencari ulasan produk tersebut di internet.

41. Memanfaatkan Barang Tak Terpakai

Mempunyai barang tidak terpakai memang sangat menyebalkan. Barang tidak terpakai menyebabkan rumah kita terasa sempit dan berantakan. Namun, jika kamu kreatif dan dapat memanfaatkannya kembali bisa jadi barang itu menjadi sumber penghasilanmu. Kamu tidak perlu khawatir kekurangan ide karena banyak sekali akun Youtube atau sosial media lain yang menunjukkan tentang bagaimana memanfaatkan barang bekas. Kamu tinggal mengamati, tiru, dan memodifikasi.

42. Meminjam Barang yang Digunakan Sesekali

Ada beberapa barang yang sebaiknya meminjam, misalnya buku. Jika kamu merasa sungkan kamu juga dapat mencari tempat penyewaan barang yang kamu butuhkan. Sekarang banyak tempat penyewaan barang. Jadi, kamu dapat menghemat tanpa harus merasa sungkan atau ragu.

43. Membeli Barang Berkualitas

Berhemat bukan berarti kita membeli barang yang tidak mengedepankan kualitasnya. Membeli barang berkualitas memang harus merogoh kocek sedikit dalam, tetapi kualitasnya tidak diragukan lagi dan awet tentunya. Ada beberapa barang yang sebaiknya kamu beli dengan harga tinggi dan kualitas oke. Contohnya baju, tas, sepatu, alat elektronik dll. Ketika kamu membeli barang yang awet, kamu tidak perlu membeli terus menerus dan mengurangi sampah yang dihasilkan.

44. Membuat Catatan Sebelum Berbelanja

Catatan sebelum belanja sangat penting untuk kamu yang pelupa, impulsif dan ceroboh. Ketika kamu lupa barang yang kamu perlukan kamu akan memboros waktu dan ongkos transportasi karena harus bolak-balik untuk membeli.

Jika kamu merasa orang yang impulsif, tentu kamu tidak segan-segan membeli barang yang bahkan tidak kamu butuhkan. Manfaat lain dari membuat catatan belanja, yaitu kamu akan fokus dengan tujuanmu, sehingga mengurangi resiko bersifat impulsif.

45. Mengenal Penggunaan Internet Pribadi

Sebelum kamu menentukan paket internet yang sesuai, hal yang umumnya kamu lakukan adalah riset, yaitu dengan mencoba berbagai layanan. Itu penting dan sangat bagus. Setelah kamu melakukan riset, kamu dapat melakukan evaluasi dan menentukan paket yang sesuai kebutuhan dan tentunya sesuai kantong. Pastikan juga paket yang kamu pilih tidak memiliki gangguan.

46. Memperbaiki Barang yang Rusak

Sebelum kamu membawa atau membuang barangmu yang rusak alangkah baiknya kamu berusaha memperbaikinya dahulu. Jika berhasil tentu kamu tidak perlu datang ke tukang servis setiap barangmu rusak. Kamu akan menghemat waktu dan tentunya menghemat uang.

Namun, jika kamu memang tidak paham dengan barang tersebut, langsung saja bawa ke tukang profesional. Jangan sampai kamu membuatnya semakin rusak. Jangan membeli lagi selagi masih bisa diperbaiki.

47. Membeli dalam Jumlah Banyak

Daripada membeli kebutuhanmu harian lebih baik membeli mingguan atau bulanan. Terkadang toko memberi harga yang lebih murah ketika kita membeli banyak. Selain itu, berbelanja bulanan dapat menghemat waktumu dan hemat uang transportasi. Kamu juga akan tenang jika akhir bulan tiba.

48. Mengevaluasi Pengeluaran

Untuk lebih mudah menilai pengelolaan keuangan kita, dapat kita lakukan dengan mengevaluasi pengeluaran dan pendapatan kita. Hal pertama yang harus dilakukan agar kita dapat mengevaluasi pengeluaran kita, yaitu dengan mencatat semua pengeluaran kita. Kemudian, lakukan pengelompokan jenis pengeluaran yang primer dan sekunder. Setelah itu, kamu dapat mengetahui bagaimana uangmu keluar dan akan lebih berhati-hati dalam menggunakan uang.

Kesimpulan cara hidup hemat

Untuk menjadi pribadi yang lebih hemat tidaklah sulit. Kita hanya perlu berusaha berkomitmen dengan apa yang sudah kita mulai. Terapkan hal di atas yang sekiranya sesuai dengan kondisimu. Jika kamu masih merasa kesulitan, cobalah yang paling mudah. Awal memang sulit, apalagi merubah hal yang sudah menjadi kebiasaanmu. Namun, yakinlah pada dirimu bahwa kamu bisa melakukannya, selamat mencoba. Semoga artikel 48 cara hidup hemat untuk masa depan lebih baik dapat berguna untuk anda.

Terimakasih.

Catatan:

Sumber gambar bebas lisensi dari pixabay.

Alfian
Alfian Seorang pengajar disalah satu perguruan tinggi. Memiliki pengalaman didunia blogger sudah cukup lama tapi tetap saja masih jadi seorang newbie. Hadir untuk berbagi pengalaman, ilmu dan pengetahuan yang sudah didapatkan.

Posting Komentar untuk "48 Cara Hidup Hemat Untuk Masa Depan Lebih Baik"