Apa Manfaat Menabung?

Pendapatan yang kita peroleh bukan hanya akan kita gunakan di masa sekarang, tetapi juga untuk masa depan. Ketika kita sudah mampu menabung artinya kita sudah dapat mengelola keuangan dengan baik. Menabung ini memiliki banyak sekali manfaat yang dapat kamu tuai dalam jangka waktu panjang. Apa saja manfaat menabung? Berikut rangkuman daftar manfaat menabung.

Mandiri Secara Finansial Lebih Cepat

Mandiri secara finansial berarti kita tidak bergantung kepada orang tua atau sumber dana pemberian lain. Uang atau harta yang kita miliki benar-benar hasil dari jerih payah yang sudah dilakukan. Setelah kita bekerja, tentu kita harus mampu mengatur keuangan kita sedemikian rupa. Ketika sedikit demi sedikit menyisihkan gaji kita, kemudian dimasukkan ke rekening tabungan atau disimpan di brankas. 

Lama kelamaan uang yang kita kumpulkan akan semakin banyak. Setelah uang terkumpul cukup banyak tentu kita dapat memanfaatkannya sebagai modal atau investasi yang akan semakin mempercepat lagi kemandirian kita dalam hal finansial. Mandiri secara finansial sangat penting karena kita lebih bebas dalam menentukan peruntukan uang yang kita miliki.

Ilustrasi apa manfaat menabung
Gambar 1, Ilustrasi apa manfaat menabung

Memiliki Uang Darurat

Masalah terjadi tidak memandang kondisi dan waktu. Entah kita sedang memiliki uang atau kita sedang tidak memiliki uang. Tabungan menjadi salah satu dana yang dapat kita gunakan ketika insiden terjadi. Kita tidak pernah tahu Insiden itu membutuhkan dana yang kecil atau besar. Sebagai contoh, kita tidak memiliki tabungan padahal uang gaji kita sudah ter plot untuk kebutuhan bulanan. Tiba-tiba hand phone dan laptop kita rusak. Apa yang terjadi? Tentu kita harus memperbaiki atau membeli yang baru.

Apabila kita tidak memiliki uang tabungan atau simpanan, pasti bingung. Ada yang pasrah menunggu gaji bulan depan keluar. Ada juga yang memilih untuk berhutang. Coba bandingkan apabila kita punya uang tabungan atau cadangan untuk keperluan darurat / mendesak. Kita tinggal gunakan uang itu tanpa perlu berhutang. 

Memiliki Uang Cadangan Ketika Kehilangan Pekerjaan

Kita tidak pernah mengerti apakah karir yang kita geluti saat ini akan membawa kita pada kesuksesan atau justru sebaliknya. Ketika kehilangan pekerjaan artinya kita kehilangan pendapatan. Tabungan dapat bermanfaat saat ini terjadi karena kita tentu membutuhkan waktu untuk menemukan pekerjaan kembali. Kalau kita tidak punya tabungan kita mau makan apa ketika sedang tidak punya kerja?

Jadi, ayo kawan ketika kita sedang memiliki usaha atau pekerjaan. Pastikan kita menyisihkan dan dimasukkan ke tabungan.

Siap Dengan Segala Perubahan

Dalam hidup, kita akan banyak mengalami perubahan. Siap atau tidak siap kita harus siap. Perubahan yang cepat atau lambat akan dialami setiap orang adalah menikah. Tabungan adalah hal yang penting dipersiapkan sebelum menikah. Apalagi jika tiba-tiba kita akan menjadi orang tua, kita tentu harus menyiapkan dana untuk buah hati kita.

Memiliki Dana Pensiun

Kita bekerja di usia muda agar masa depan kita, terutama hari tua, menjadi terjamin. Kita tentu tidak dapat mengandalkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan kita kelak. Menabung merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan hal tersebut. Terlebih untuk kamu yang bekerja di perusahaan swasta. Ketika kita sudah mempersiapkan dana pensiun kita, maka kita akan menjadi lebih santai dalam menjalani masa tua kita.

Untuk pegawai negeri sipil atau beberapa jenis pekerjaan lain biasanya ada dana pensiun. Tapi tidak semua orang beruntung memiliki pekerjaan tersebut. Bagi kita pekerjaan kita yang tidak ada alokasi khusus untuk dana pensiun. Kita harus mandiri, kita menabung sisakan uang untuk kita pensiun nanti.

Kita suatu saat nanti akan menua. Tentu saat itu tiba kita ingin memiliki cadangan uang. Sehingga kita bisa menikmati hari tua kita dengan bahagia. Seperti menengok anak dan cucu, jalan-jalan dan menjaga kesehatan dengan membeli makanan sehat.

Pergi Jalan-Jalan

Tentu kita menginginkan pergi ke suatu tempat. Berlibur juga merupakan salah satu investasi dalam hidup. Dengan mengunjungi tempat baru kita akan memiliki pengalaman yang tidak akan kita lupakan dan mungkin tidak akan kita alami untuk kedua kali. Uang yang dibutuhkan untuk mengunjungi tempat baru tidaklah sedikit. Di tempat baru, bisa saja kita mengalami hal yang tidak mengenakkan. Oleh karena itu, kita perlu menyiapkan banyak hal dan mempersiapkan segala kemungkinan yang mungkin saja terjadi.

Ilustrasi jalan jalan manfaat menabung
Gambar 2. Ilustrasi jalan-jalan

Melanjutkan pendidikan

Untuk kalian yang sudah bekerja terkadang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Melanjutkan pendidikan membutuhkan banyak biaya, seperti untuk pendidikan itu sendiri atau biaya kehidupan selama mengenyam pendidikan. Dengan pendidikan yang lebih tinggi barangkali kamu akan mendapat pekerjaan yang lebih baik dengan gaji yang lebih tinggi.

Wahai pemuda siapa yang tidak ingin kuliah dengan uang pribadi? Orang tua kita sudah memberi fasilitas biasanya sampai sarjana. Apakah kita tidak ingin melanjutkan pendidikan master atau doktor? Tentu ingin, tapi tidak mungkin kan kalau terus menerus meminta uang ke orang tua? Ayo sisihkan uang yang kita miliki. Gunakan untuk planing pendidikan kita ke depan.

Tidak ada rencana lanjut kuliah? Tunggu dulu tabungan pendidikan tetap penting. Untuk anak kita, kalau kita sudah tidak ada rencana melanjutkan study. Kita masih perlu menyisihkan uang dan menabung untuk pendidikan anak kita di masa depan.

Terhindar dari Hutang

Hutang terjadi karena kita tidak dapat memenuhi kebutuhan kita. Bukan karena gaji kita kecil, bisa juga karena kita boros. Pengeluaran yang lebih besar dari pemasukan membuat kita harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan kita. Salah satu cara cepat yang dapat dilakukan, yaitu dengan berutang. Namun, ketika kita menabung situasi pasti akan berbeda.

Hutang biasanya muncul karena beberapa hal. Bisa ketika musibah sehingga perlu pengeluaran lebih.  Bisa juga karena ingin memulai usaha. Atau karena alasan kesehatan dan pendidikan. Kita bisa menghindari hutang dengan cara memiliki tabungan. Luar biasa bukan manfaat menabung?

Mengurangi Stres

Ketika kita memiliki tabungan hati kita akan menjadi lebih tenang. Kita tidak khawatir dengan segala perubahan yang akan terjadi. Rasa percaya diri dan optimis juga akan tumbuh dalam diri kita. Dengan semua sifat positif yang timbul pada diri kita, maka beban pikiran kita akan berkurang. Tentu perasaan tertekan akan jauh dari diri kita. Stres dapat mempengaruhi kondisi fisik kita loh.

Ketika kita memiliki tabungan, kita akan lebih bahagia dan dapat menikmati hidup. Memiliki uang memang tidak menjamin kebahagiaan, tetapi tidak memiliki uang tidak lebih menjamin kebahagiaan. Ketika kita memiliki uang, kita juga perlu memikirkan masa depan. Menabung dapat memberi manfaat jangka panjang untuk kita. Sekian artikel apa saja manfaat menabung, semoga bermanfaat ya.

Kita harus menyisihkan uang gaji atau pendapatan kita untuk menabung. Memiliki tabungan membuat kita terhindar dari berbagai masalah. Tabungan membuat kita bisa mandiri secara finansial juga. Sekian artikel tentang apa manfaat menabung, semoga bermanfaat.

Terima kasih.

Catatan:

Semua gambar berlisensi bebas pakai dari pixabay.

Alfian
Alfian Seorang pengajar disalah satu perguruan tinggi. Memiliki pengalaman didunia blogger sudah cukup lama tapi tetap saja masih jadi seorang newbie. Hadir untuk berbagi pengalaman, ilmu dan pengetahuan yang sudah didapatkan.

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Menabung?"