10 Tips Memulai Bisnis Kecil Terbaru 2021

Jika anda berniat untuk membuka bisnis sendiri, pasti anda akan mencari tips dan saran untuk memulainya. Ada begitu banyak tips untuk memulai bisnis baru di luar sana sehingga memilih mana yang akan diikuti bisa membingungkan.

Tidak ada formula sempurna untuk memulai bisnis kecil. salah satu nasihat bisnis terbaik biasanya memaksa Anda untuk "berpikir dengan cara baru". Jadi, kali ini mafsyah akan membagikan tips terbaru untuk anda yang ingin memulai bisnis.

Tips memulai bisnis kecil

Memulai bisnis sering kali merupakan proses belajar sambil jalan. Namun, semakin banyak keputusan cerdas yang anda buat sejak dini, semakin besar peluang usaha anda untuk sukses. Jika Anda memiliki ide wirausaha, cobalah sepuluh tips berikut.

1. Mengatasi Alasan

Banyak orang bermimpi menjadi pengusaha, tetapi mereka tidak pernah melakukannya. Mereka dibebani dengan alasan dan ketakutan akan kegagalan. Dari uang ke waktu hingga tanggung jawab.
Mari kita hadapi itu, menjadi bos untuk diri sendiri itu menakutkan. Dalam kebanyakan kasus, pemilik bisnis baru memiliki banyak resiko kerugian karena kurangnya wawasan tentang peluang sukses mereka.
Khawatir tentang risiko kepemilikan bisnis adalah hal yang wajar. Tapi, alasan hanya memperlambat Anda untuk mencapai tujuan. Jika Anda benar-benar ingin memulai bisnis, Anda perlu mengatasi alasan mengapa anda merasa tidak dapat memulai bisnis dan menyingkirkannya. Temukan solusi untuk masalah tersebut daripada membiarkannya menahan anda.

2. Menyerap Segalanya

Dengarkan apa yang orang lain katakan seperti teman, keluarga, pakar, bahkan diri anda sendiri. Saat Anda belajar, mulailah memikirkan ide di kepala anda. Tuliskan semuanya. Buat catatan dari semua sumber daya yang ditemukan untuk mengembangkan rencana terperinci.
Saat Anda memberi tahu orang-orang tentang rencana startup anda, bacalah bahasa tubuh mereka. Apakah mereka menyukai gagasan itu? Atau, apakah mereka hanya bersikap baik dan benar-benar berpikir anda salah arah? Dorong pendengar untuk jujur kepada anda. Opini kolektif yang diperoleh dari teman sebaya bisa menjadi cerminan bagaimana konsumen akan bereaksi.
Jangan abaikan kekuatan nasihat dari para ahli dan pemilik bisnis veteran. Orang-orang ini tahu secara langsung apa yang berhasil dan tidak. Pengusaha cerdas belajar dari kesalahan yang dilakukan pemilik bisnis lain.

3. Jadilah Solusi

Daripada memulai ide dengan apa yang akan dijual, pikirkan tentang apa yang akan diselesaikannya . Jauh lebih mudah untuk mendapatkan basis pelanggan yang solid saat bisnis sedang memperbaiki masalah. Bisnis anda nantinya harus mengisi lubang "masalah" yang ada di pasar dan menjadi solusinya.
Misal, pendiri GoJek tidak membuat aplikasi gojek hanya karena seorang programmer dan hobi coding. Tapi founder GoJek berusaha membuat aplikasi agar menjadi solusi dalam permasalahan pemesanan layanan antar jemput.
Temukan alasan mengapa bisnis itu harus dibuka. Memahami motif akan membantu anda menciptakan merek dan memasarkan perusahaan. Ketahui masalah apa yang dihadapi pelanggan dan bagaimana model usahamu bisa menyelesaikannya.
Jadilah Solusi
Jadilah Solusi

4. Buat Sesederhana Mungkin

Jika  memiliki ide bisnis dan siap untuk menjalankannya. Berhati-hatilah untuk tidak membiarkan konsep bisnis anda menjadi sesuatu yang terlalu rumit. Anda bisa mendapatkan produk akhir yang mahal dan rumit yang tidak ingin dibeli oleh siapa pun. 
Sebagai pemilik bisnis baru, cobalah untuk memulai dari yang kecil dan persempit fokus Anda. Pelajari cara menguji ide bisnis Anda . Ciptakan barang atau jasa yang sederhana dan berkualitas. Ide bisnis yang sukses harus memenuhi janji kepada pelanggan dan melebihi harapan.
Kurangi fitur yang tidak perlu yang mempermudah penawaran Anda dan menghabiskan uang. Sebagai bisnis kecil yang baru, anda tidak membutuhkan semua hal yang penting dari perusahaan besar. Akan lebih mudah untuk menambahkan ide bisnis seiring pertumbuhan usaha.

5. Hitung Biayanya

Setelah mulai mengembangkan ide bisnis, buat perhitungan biayanya. Anda perlu memperhitungkan setiap pengeluaran bisnis yang diperlukan untuk meluncurkan dan mengoperasikan bisnis. Beberapa biaya yang perlu diingat termasuk lokasi, sewa, persediaan, pemasaran, dan lainnya.
Dalam menjalankan bisnis biaya tak terduga dapat muncul kapanpun. Lebih baik bersiap-siap daripada kekurangan dana saat tagihan mulai bergulir. Oleh karena itu sediakan alokasi dana untuk kejadian tak terduga dan sisihkan pendapatan anda untuk spot ini.
Saat memikirkan biaya untuk memulai bisnis, jangan lupakan anggaran pribadi. Lihatlah berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk hidup sehari-hari, termasuk sewa, makanan, bensin, perawatan kesehatan, dll. Susunlah pengeluaran ini dalam urutan skala prioritas.
Setelah memahami semua pengeluaran pribadi, mulailah membuat anggaran bisnis . Pada awalnya, mungkin perlu mendapatkan modal dari luar untuk memenuhi kebutuhan, seperti pinjaman usaha kecil.
Hitung biaya dalam memulai bisnis
Hitung Biaya

6. Bayangkan Diri Anda Tanpa Uang

Ada kemungkinan besar hal ini akan terjadi. Banyak pebisnis yang tidak berhasil dalam jangka panjang dan saya hampir bangkrut.
Meluncurkan ide bisnis yang tidak berhasil adalah kenyataan bagi banyak pengusaha. Lebih dari separuh bisnis baru gagal dalam lima tahun pertama pembukaan. Bagaimana reaksi anda ketika tidak adanya uang masuk?
Ide yang bagus untuk membuat rencana "berjaga-jaga jika hasil terburuk terjadi". Anda mungkin perlu mendapatkan pekerjaan dengan cepat atau tinggal sementara dengan orang tua. Anda mungkin harus pergi tanpa fasilitas yang biasa digunakan. Cari tahu bagaimana akan bertahan jika rencana bisnis gagal.
Lihatlah sumber penghasilan Anda saat ini. Apa yang diperoleh dari pekerjaan Anda saat ini? Berapa lama tabungan Anda bertahan jika Anda berhenti? Hal-hal tak terduga apa yang dapat mengacaukan rencana? Persiapkan diri Anda untuk semua situasi yang bisa terjadi jika ide bisnis tidak berhasil.

7. Hasilkan Uang Saat Anda Membangun Usaha

Jika Anda ingin memulai bisnis kecil, jangan keluar dari pekerjaan anda dulu. Meluncurkan startup yang sukses adalah sebuah proses. Bangun bisnis Anda secara bertahap dan secara bertahap transisi dari karyawan menjadi pengusaha.
Sebagai pemilik bisnis baru, perlu waktu untuk mendapatkan penghasilan tetap. Kerjakan bisnis selama jam libur sehingga Anda bisa menghasilkan uang selama tahap pertama yang sulit itu. Setelah Anda memiliki arus kas masuk yang sehat dari usaha anda, anda dapat menangani kepemilikan bisnis secara penuh dengan keluar dari pegawai.

8. Bicaralah Tentang Bisnis Anda

Satu tantangan yang dihadapi banyak pemilik bisnis adalah mereka tidak tahu cara menjual. Berbagi bisnis dengan dunia bisa jadi menakutkan, terutama saat anda baru memulainya.
Jika Anda khawatir dengan pendapat orang tentang bisnismu, anda harus bisa mengatasinya. Jika tidak dapat meyakinkan konsumen untuk membeli dari anda dan mendukung perusahaan anda, maka sulit untuk menghasilkan uang.  Jika Anda benar-benar ingin bisnis sukses, anda tidak boleh malu.
Bersiaplah untuk berbicara dengan percaya diri tentang bisnis anda, meskipun itu membuat Anda tidak nyaman. Sebagai pemilik bisnis baru, anda perlu memasarkan dan membangun jaringan secara konstan. Dari membangun jaringan dengan klien hingga menegosiasikan persyaratan pembayaran pemasok, Anda harus dapat berkomunikasi.

9. Ketahui Persyaratan Hukum Untuk Memulai Bisnis Kecil

Memulai bisnis itu mengasyikkan. Anda perlu memahami aturan hukum berkaitan dengan membuka bisnis. Jika Anda gagal mengikuti peraturan pemerintah, anda bisa menghadapi hukuman berat.
Dari membentuk struktur hukum hingga menyiapkan sistem akuntansi, anda harus mengikuti undang-undang. Anda perlu mendaftarkan perizinan usaha dan bisnis. Anda juga harus mengurus kewajiban pajak khusus bisnis . Dan saat Anda mempekerjakan pekerja, Anda harus mengikuti undang-undang pemberi kerja.
Ketahui Persyaratan Hukum Untuk Memulai Bisnis Kecil
Persyaratan hukum membuka usaha

10. Seimbangkan gairah dengan kebijaksanaan

Salah satu unsur terpenting dalam ide bisnis yang sukses adalah gairah. Gairah akan secara konsisten mendorong Anda untuk meningkatkan proses sehingga bisnis tumbuh dengan pesat.
Karena itu, jangan biarkan gairah mengambil alih semua keputusan Anda. Gairah akan membuat Anda maju, tetapi pengetahuan akan mengarahkan Anda ke arah yang benar.
Lakukan riset pasar tentang industri Anda dan bicarakan dengan pelanggan target untuk mengetahui potensi bisnis Anda. Ajukan pertanyaan kepada ahli tentang meluncurkan bisnis baru. Hubungi para profesional yang dapat membantu Anda dalam bidang bisnis tertentu, seperti penasihat keuangan dan pengacara.
Saat bisnis Anda mulai bersatu, anggap saja seperti mengendarai mobil. Biarkan gairah Anda menginjak pedal gas dan pikiran Anda mengendalikan setir. Dengan begitu, Anda dapat yakin tentang arah yang Anda tuju dan mempertahankan momentum yang Anda butuhkan untuk mencapainya.

Alfian
Alfian Seorang pengajar disalah satu perguruan tinggi. Memiliki pengalaman didunia blogger sudah cukup lama tapi tetap saja masih jadi seorang newbie. Hadir untuk berbagi pengalaman, ilmu dan pengetahuan yang sudah didapatkan.

Posting Komentar untuk "10 Tips Memulai Bisnis Kecil Terbaru 2021"