3 Teknik Investasi Dasar Yang Harus Diketahui Setiap Pemula

Bagi siapa pun yang pernah mempertimbangkan untuk berinvestasi, itu merupakan ide yang baik. Bagian tersulit adalah bagaimana cara memulainya. Dunia investasi penuh dengan strategi dan nuansa yang menakutkan, banyak bahasa atau istilah baru yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya.

Ada hal-hal sederhana yang dapat dipelajari setiap orang, yang memungkinkan kita mempelajari beberapa teknik dasar, dan memulai pekerjaan penting untuk mengungkap dunia investasi.

3 Teknik Investasi Dasar Untuk Pemula

Menjadi investor yang sukses membutuhkan waktu, tenaga, dan banyak disiplin, tetapi mengingat tiga teknik investasi dasar ini akan membantu setiap investor pemula untuk memulai dengan baik.

Investasi Ulang Dividen

Setiap kali orang mengutip pengembalian rata-rata jangka panjang dari pasar saham, mereka kemungkinan besar berbicara tentang pengembalian total, atau pengembalian dengan asumsi bahwa semua dividen diinvestasikan kembali. Sama seperti bunga majemuk, investasi ulang dividen adalah konsep keuangan yang kuat yang memungkinkan keuntungan dan dividen tambahan tidak hanya atas investasi awal, tetapi juga pada dividen yang akan terima di sepanjang jalan.
Itu tidak berarti bahwa Anda perlu menggunakan dividen dari sebuah saham untuk membeli lebih banyak saham yang sama . Tetapi jika Anda bisa, tahan godaan untuk menarik dividen tunai triwulanan itu.
Beberapa broker online bahkan mengizinkan Anda untuk menginvestasikan kembali dividen Anda secara gratis daripada membayar komisi seperti yang dilakukan untuk aktivitas perdagangan reguler yang lain. Program Investasi Ulang Fleksibel Scottrade (atau FRIP) memungkinkan untuk memberikan persentase tertentu dari dividen yang diterima untuk membeli satu atau lebih saham atau dana pada tanggal yang ditentukan, tanpa komisi. Ini pada dasarnya mengotomatiskan Dollar Cost Averaging untuk dividen Anda, dan merupakan cara untuk menghindari komisi yang dapat membuat pembelian sejumlah kecil satu atau lebih saham menjadi terlalu mahal.

Lakukan Jangka Panjang

Warren Buffett, adalah seorang pendukung besar investasi jangka panjang dan sumber kebijaksanaan finansial, menyarankan bahwa Anda harus "hanya membeli sesuatu yang Anda akan sangat senang untuk memegangnya jika pasar tutup selama 10 tahun." Pilih investasi Anda berdasarkan fundamental yang kokoh dan prospek jangka panjang yang kuat, bukan karena menurut Anda harga saham hanya akan naik dalam jangka pendek.
Pasar dan harga saham individu berfluktuasi dari waktu ke waktu, tetapi perhatikan jangka panjangnya, dan berinvestasi di perusahaan berkualitas tinggi dengan kinerja yang konsisten dan tim manajemen yang berpengalaman.
Meskipun pada umumnya Anda harus menghindari mencoba mengatur waktu pasar atau memanfaatkan fluktuasi jangka pendek, selalu simpan cadangan uang tunai di akun investasi Anda sehingga Anda siap untuk mengambil perusahaan berkualitas ketika orang lain dengan cakrawala investasi jangka pendek bereaksi berlebihan terhadap berita buruk atau kinerja buruk sementara dengan melepas saham mereka dan menurunkan harga saham.
3 teknik dasar investasi untuk pemula
Teknik Dasar Investasi

Diversifikasi

Diversifikasi bukanlah sebuah "teknik", dan sekarang Anda telah diberitahu berulang kali betapa pentingnya untuk tidak pernah melupakan konsep yang sangat mendasar ini. Tetapi membuat portofolio yang terdiversifikasi jauh lebih mudah secara teori daripada praktiknya, dan oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengembangkan kesadaran risiko yang kuat sejak awal. Anda akan lebih siap untuk menghindari hambatan yang mungkin akan menjerat banyak investor yang lebih rendah yang mengira bahwa diversifikasi hanya berarti “ memiliki banyak saham yang berbeda,” yang cenderung dipikirkan banyak orang ketika mereka mendengar ungkapan tersebut.
Anda perlu berpikir lebih dalam tentang kesamaan apa yang dimiliki perusahaan yang Anda miliki di luar produk dan layanan yang mereka sediakan. 

Kesimpulan 3 Teknik Dasar Investasi Untuk Pemula

Berinvestasi tidak serumit atau seseram kelihatannya, tetapi  memang  membutuhkan penguasaan beberapa konsep sederhana, serta kesabaran untuk membuat keputusan yang lebih baik yang menghasilkan kepuasan jangka pendek yang lebih sedikit. Tetapi belajar menavigasi investasi dengan cara yang bijaksana membuat Anda menjadi orang yang lebih cerdas dan lebih cerdas, dan jauh lebih sadar akan dunia keuangan di sekitar Anda. Memang terasa menakutkan untuk bertaruh di masa depan, tetapi kita semua harus tinggal di sana suatu hari nanti - lebih baik bersiap.


Alfian
Alfian Seorang pengajar disalah satu perguruan tinggi. Memiliki pengalaman didunia blogger sudah cukup lama tapi tetap saja masih jadi seorang newbie. Hadir untuk berbagi pengalaman, ilmu dan pengetahuan yang sudah didapatkan.

Posting Komentar untuk "3 Teknik Investasi Dasar Yang Harus Diketahui Setiap Pemula"