Cara Tes Apakah Blog Valid AMP

Cara Tes Apakah Blog Valid AMP - Kita merasa sudah menggunakan template blogger atau theme worpdress berbasis AMP. Tapi bagaimana cara kita mengetahui apakah benar web kita status AMP nya sudah valid? Karena suatu web yang status AMP nya tidak valid saat diakses menggunakan perangkat mobile fitur AMP tidak akan berjalan. Pada artikel kali ini mafsyah akan membagikan dua cara tes apakah blog valid AMP.

Alasan Menggunakan AMP

Saat ini pengguna layanan internet semakin bertambah banyak. Pengguna perangkat mobile mendominasi pengguna internet. Menurut penelitian yang dilakukan oleh broadbandsearch.net pada tahun 2019 pengguna internet yang berselancar menggunakan perangkat mobile sebesar 53%. Pada awalnya halaman web desain untuk pengguna desktop, karena hal tersebut setelah saat pengguna perangkat mobile meningkat, banyak web yang belum siap. Beberapa masalah yang dihadapi oleh pengelola web dan pemilik web adalah:
  1. Tampilan website tidak responsive saat dibuka menggunakan perangkat mobile
  2. Loading website lebih lama ketika diakses menggunakan perangkat mobile dibandingkan dengan perangkat desktop
Salah satu kriteria penilaian Google terhadap website agar bisa tampil di halaman pertama pencarian adalah kecepatan load. Untuk meningkatkan kecepatan loading suatu website google mengembangkan suatu project bernama Accelerate Mobile Platform (AMP).

Apa itu AMP?

Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah sebuah fitur yang dikembangkan oleh google untuk meningkat. AMP bekerja dengan memaksimalkan tag HTML, kode CSS yang lebih efisien lalu sebisa mungkin tidak menggunakan Javascript agar loading website lebih cepat. Halaman website yang valid AMP ditandai oleh google dengan logo petir yang akan muncul di halaman pencarian google. Berikut akan mafsyah tampilkan contoh tampilan AMP.
Contoh hasil pencarian AMP
Gambar 1. Hasil pencarian yang menampilkan website valid AMP

Anda dapat melihat pada gambar 1 bahwa web atau blog yang valid AMP ditandai dengan logo petir. Keunggulan AMP dalam SERP google akan lebih merekomendasikan blog valid AMP tersebut karena dinilai lebih cepat. Tapi ingat konten dari sebuah blog tetap yang utama bukan sekedar kecepatan saja yang diperhitungkan.


Hasil website yang menggunakan AMP
Gambar 2. Tampilan sebuah website ketika dibuka dalam mode AMP 


Sebuah website atau blog valid AMP ketika dibuka maka link yang ada dibrowser masih menggunakan link google. Jadi contoh web yang saya buka salah satu e-commerce di Indonesia ini link aslinya akan ditampilkan dibawah address bar browser.

Cara Tes Apakah Blog Valid AMP

Untuk mengetahui apakah blog anda sudah valid AMP atau belum ada dua cara yang mafsyah rekomendasikan.

1. Pengujian AMP oleh google
Anda dapat mengunjungi situs yang disediakan oleh google yaitu https://search.google.com/test/amp setelah mengakses situs tersebut  silahkan masukkan URL blog yang ingin diuji status valid AMP nya.

2. Pengujian AMP oleh developer AMP
Untuk menguji apakah blog anda valid AMP atau tidak juga dapat dengan mengunjungi https://validator.ampproject.org/ cara yang harus dilakukan sama. Anda harus memasukkan link blog yang ingin diuji.

Sekian artikel tentang cara tes apakah blog valid AMP. Apabila anda masih memiliki pertanyaan dapat meninggalkan komentar. Mohon maaf apabila ada salah kata atau artikel mafsyah ini kurang baik. Mafsyah akan selalu berusaha menyajikan artikel seputar blog agar dapat membantu anda yang sedang mencari informasi,

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel mafsyah, semoga sukses selalu. 
Alfian Seorang pengajar disalah satu perguruan tinggi. Memiliki pengalaman didunia blogger sudah cukup lama tapi tetap saja masih jadi seorang newbie. Hadir untuk berbagi pengalaman, ilmu dan pengetahuan yang sudah didapatkan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Tes Apakah Blog Valid AMP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel